Hari Radio Republik Indonesia (RRI)

“Sekali di udara tetap di udara” , pasti  bingung kan sama jargon barusan? Tapi Rekan buana gaperlu bingung karena tanggal 11 september ini di peringati sebagai Hari Radio Nasional di Indonesia. Selain itu, banyak juga yang menyebutnya sebagai Hari Radio Republik Indonesia (RRI) karena di hari ini lah lahir RRI pada tahun 1945.

Tapi Rekan Buana kepo ngga sih tentang sejarah  RRI ini didirikan? Jadi, RRI ini didirikan sebulan setelah siaran radio Hoso Kyoku dihentikan pada 19 Agustus 1945, Karena saat itu masyarakat buta akan informasi dan tidak tahu apa yang harus dilakukan setelah indonesia merdeka.  Apalagi, di saat itu radio-radio luar negeri mengabarkan bahwa tentara Inggris yang mengatasnamakan sekutu akan menduduki Jawa dan Sumatera.

Menanggapi hal tersebut, orang- orang yang pernah aktif di radio pada masa penjajahan Jepang menyadari bahwa, radio sangat diperlukan oleh pemerintah RI untuk berkomunikasi dan memberi arahan kepada masyarakat mengenai apa yang harus dilakukannya.

Akhirnya, di dirikanlah  radio sebagai alat komunikasi antara pemerintah dengan rakyat mengingat tentara sekutu akan mendarat di Jakarta akhir september 1945. Selain itu juga, radio dipilih karena lebih cepat dan tidak mudah terputus saat pertempuran loh Rekan Buana. Wih keren yah Rekan Buana, radio bisa sangat berjasa banget disaat negeri kita dijajah.

 

Tinggalkan Balasan