Black Friday, tanggal 13

Rekan Buana kalian disini ada yang percaya tentang sebuah hal mengenai “mitos” ataupun hal – hal lainnya yang ramai diperbincangkan masyarakat umum ataupun yang memang hanya usut punya usut ..
Kalau ada, disini gue akan sedikit membahas tentang yang berhubungan dengan “mitos” yap, ” M I T O S “

Rekan Buana tau enggaksih yang namanya Black Friday yang terjadi hanya di setiap hari Jumat tanggal 13 ? Usut punya usut yaa Rekan Buana di Indonesia Jumat tanggal 13 itu terjadi kurang lebih sebanyak 3 kali dibulan yang berbeda nihh, yaitu  Jumat tanggal 13 Februari, merupakan yang pertama dari tiga hari Jumat tanggal 13 di tahun 2015. Jumat tanggal 13 lainnya akan terjadi di bulan Maret dan November.

Namun .. namunn ..
Di beberapa negara, Jumat tanggal 13 yang dikenal juga sebagai Black Friday ini dianggap sebagai takhayul hari sial. Itu terjadi saat hari ke-13  pada bulan dalam kalender Gregorian jatuh pada hari Jumat. Dan belum ada bukti tertulis sebagai mitos. Mitos itu beredar sekitar abad 20. Takut terhadap angka 13 memiliki nama ilmiah triskadekaphobia. Lalu  fobia terhadap Jumat tanggal 13 disebut dengan paraskevidekatriaphobia. Berasal dari kata Paraskevi yang artinya Jumat, dan dekatreís yang berarti tiga belas.

Keterangan seputar takhayul ini diceritakan oleh Philips Steven, Jr., profesor Antropologi dari University at Buffalo (SUNY).

“Ada tiga belas orang di meja pada Perjamuan Terakhir, dan yang ketiga belas adalah Judas. Perjamuan Terakhir adalah pada hari Kamis, dan pada hari berikutnya Jumat, adalah hari penyaliban,” katanya.

Sekali lagi, tidak ada bukti tertulis tentang Jumat tanggal 13 sebelum abad ke-19. Ada beberapa kemungkinan kenapa takhayul ini berkembang. Salah satunya adalah publikasi dari novel populer Thomas W. Lawson yang berjudul Friday, the Thirteenth, pada tahun 1907. Novel tersebut diduga turut berkontribusi menyebarkan takhyul tersebut.  Bukan bertujuan untuk menakuti-nakuti ada sejumlah peristiwa nahas di dunia yang terjadi pada Jumat tanggal 13. Dilansir dari laman Independent, berikut daftarnya:

1. Seorang anak berusia 13 tahun di Suffolk, Amerika Serikat, disambar petir pada pukul 13:13.

Meskipun kedengarannya tidak masuk akal, angka tiga belas yang berlimpah pada peristiwa ini terjadi ketika seorang anak 13 tahun tersambar petir di Seafront Air Festival Lowestoft pada Agustus 2010 silam.

Untungnya, hidup anak itu masih dapat diselamatkan. Dia hanya menderita luka bakar ringan dari insiden tersebut.

2. Pada Jumat tanggal 13 virus komputer menyerang.

Pada 13 Januari 1989, virus menyerang komputer-komputer pribadi di Inggris menghapus berkas program dan memperlambat komputer.

3. Istana Buckingham terkena lima bom dari Jerman.

Sebagai bagian dari strategi penyerangan Hitler yang disebut sebagai Blitz, Istana Buckingham terkena lima bom pada tanggal 13 September 1940 yang merobohkan Istana Chapel.

4. Pertemuan yang semakin dekat dengan asteroid pada Jumat, 13 September 2029.

Ini memang belum terjadi, tetapi pada September 2029 bumi akan mengalami pertemuan terdekat dengan asteroid, seperti dilansir laman Independent.

 

Tapi nihh Rekan Buanaa, sekali lagi ini hanya “M I T O S”, karena mitos adalah  cerita rakyat yang menceritakan kisah masa lampau, mengandung penafsiran tentang alam semesta dan keberadaan makhluk di dalamnya, serta dianggap benar-benar terjadi oleh yang empunya cerita atau penganutnya.

Tinggalkan Balasan