Begini Cara Mengatasi Bintik Merah di Kulit Pertanda Tumor Jinak

Jika Rekan Buana tiba-tiba menemukan bintik atau titik merah pada kulit Rekan Buana, jangan panik. Ada beberapa hal yang harus Anda ketahui terkait bintik merah tersebut.

Titik merah tersebut biasa disebut angioma. Angioma merupakan sekumpulan tumor jinak yang berasal dari pembuluh darah dan pada umumnya ditemukan di bagian bawah kulit. Selain berwarna merah, terkadang angioma juga berwarna ungu.

Ada dua alasan penyebab timbulnya angioma:

  1. Usia

Kebanyakan orang yang mendapatkan angioma berusia 30 tahun atau lebih. Biasanya, angioma ini berupa bintuk cembung kecil yang terletak di lengan, bahu, atau tubuh bagian lainnya. Hal ini biasanya terjadi perubahan kulit dan pembuluh darah akibat faktor usia.

  1. Gaya hidup

Jika angioma ini terlihat di beberapa tempat atau bahkan memiliki cabang pembuluh darah, hal itu mungkin menunjukkan ada yang salah dengan hati, penyakit pembuluh darah, atau kegagalan hormonal.

Apa yang harus  Rekan Buana lakukan?

Bila Rekan Buana menyadari titik merah itu tiba-tiba berubah ukuran, bentuk, atau mulai berdarah, Rekan Buana sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sesegera mungkin.

Angioma biasanya bukan alasan untuk terburu-buru ke rumah sakit. Namun, agar terbebas dari rasa khawatir, lebih baik untuk menyebutkan hal tersebut pada pertemuan berikutnya.

Dilansir dari Brightside, ada beberapa hal yang dapat dilakukan agar angioma tidak muncul lagi di masa depan. Pencegahan terbaik adalah dengan gaya hidup sehat dan diet seimbang.

Minum banyak air dan jus, makan sayuran segar, serta lemak sehat seperti alpukat dan minyak zaitun dapat mencegah angioma muncul. Selain itu, hal demikian dapat membantu Rekan Buana menjaga kulit tetap bersih, muda, dan sehat.

Tinggalkan Balasan