Cara Unik Peringati Hari Buku Nasional

Berbagai macam cara digunakan untuk menumbuhkan semangat literasi anak muda dan salah satunya melalui infaq buku.

Sebanyak 200 buku yang merupakan hasil infaq dari siswa, guru dan karyawan akan didistribusikan ke beberapa panti asuhan di kota pudak serta sekolah binaan Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Cabang Muhammadiyah Gresik Kota Baru.

 

 

Penetapan Hari Buku Nasional pada tanggal 17 Mei, merupakan ide Menteri Pendidikan era Kabinet Gotong Royong, Abdul Malik Fadjar, pada 2002 lalu.

Beberapa jenis buku bacaan yang diinfaqkan antara lain buku pengetahuan umum, islami, fiksi, non fiksi. “Perkembangan teknologi harus diimbangi dengan berliterasi. Kami menggagas aksi infaq buku ini untuk mendorong minat baca khususnya kaula muda” kata Ahmad Fauzul Azhar, Ketua Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) SMAM 10 GKB, Rabu (17/5).

Selain memberikan santunan buku kepada pihak yang membutuhkan, kegiatan ini juga dibarengi dengan sharing season antara siswa SMA Muhammadiyah 10 GKB dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gresik. Sementara, Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah 10 GKB Isa Iskandar melalui Koordinator Humas Wafiq Amiqoh, menyatakan kegiatan infaq buku yang digagas ini merupakan sebuah wujud kepedulian pihak sekolah dalam membantu sesama lewat buku. “Buku yang kami infaqkan tergolong masih bagus dan layak dibaca. Dengan aksi infaq satu buku satu siswa ini akan mengajarkan siswa untuk peduli sesama” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan