CEO Instagram Akui Jiplak Snapchat !

CEO Instagram Kevin Systrom mengakui perusahaannya menjiplak konsep milik Snapchat dalam fitur barunya, Stories, yang diluncurkan pada Selasa (2/8).

“Betul sekali, mereka (Snapchat) layak mendapatkan pengakuan (atas konsep ini),” kata Systrom ketika ditanya masalah itu oleh TechCrunch.

 

 

Instagram Stories dibuat persis dengan Snapchat Stories. Fitur baru ini dibuat untuk membagikan kejadian sehari-hari seperti yang biasa dilakukan lewat Snapchat.

Dengan Instagram Stories, pengguna bisa mengunggah foto dan video aneh yang menghilang dengan sendirinya. Stories bisa jadi tempat untuk konten yang tidak cukup bagus, atau terlalu konyol untuk berada di lini masa Instagram.

“Pada dasarnya fitur ini menyelesaikan masalah orang-orang yang ingin mengambil banyak foto atau kejadian yang ada di hidupnya, tapi ingin mengatur bagaimana penampakan profil dan tidak membanjiri lini masa, karena itu tidak disukai di Instagram,” kata Systrom.

Sebelumnya Facebook, perusahaan yang kini menaungi Instagram, telah mencoba beberapa kali meniru Snapchat dengan aplikasi seperti Poke, Slingshot dan Instagram Bolt. Semua usaha itu gagal karena pengguna tidak mau mengunduh aplikasi baru untuk fungsi yang sama.

Namun kini, dengan menyertakan fitur ini di Instagram, nampaknya Facebook bisa memenuhi keinginannya. Dan, alih-alih menggunakan metode aneh seperti Slingshot, fitur ini tak tanggung-tanggung menjiplak Snapchat sampai ke titik terkecil.

“Jika Anda adalah seorang inovator, itu bagus sekali. Sama seperti Instagram yang pantas diberi pengakuan karena filternya.

“Ini bukan soal siapa yang menemukan apa. Ini soal format, dan bagaimana Anda membawanya ke sebuah jaringan dan memberikan sentuhan Anda sendiri pada produk tersebut.

“Facebook menemukan lini masa, LinkedIn mengambilnya, Twitter mengambilnya, Instagram mengambilnya, dan itu semua terasa sangat berbeda sekarang, dengan fungsi masing-masing,” kata Systrom.

Tinggalkan Balasan