Fakta Unik Tentang Air Mata !

Air Mata Membuat Penglihatan Kita Semakin Jelas

Air mata punya banyak manfaat loh. Selain sebagai pelumas dan pembersih kotoran yang ada di mata, air amata juga dapat memperjelas pembentukan ‘gambar’ yang dibentuk di retina.

Makanya orang yang punya masalah mata kering seringkali mengeluh kalau pandangannya kabur.

Hebatnya lagi, air mata juga berfungsi sebagai pelindung dari segala mikroorganisme berbahaya yang bisa merusak mata.

Kita Butuh Menangis

Di saat kita menangis karena sedih, kecewa, atau stres, di dalam air mata terkandung ACTH (Adrenocorticotrophic), yaitu zat kimia yang merangsang pembentukan hormon kortisol/hormone penyebab stres.

Itu ngejelasin kenapa seringkali sehabis nangis kita ngerasa lebih lega, karena secara enggak sadar, tangisan kita tadi itu sebenarnya cara tubuh kita untuk melepaskan stres dan beban yang ada di hati dan pikiran.

Kebayang enggak sih kalau semua tekanan itu kita pendam terus dan enggak bisa kita lampiaskan?

Binatang juga Menangis

Semua vertebrata (hewan dengan tulang punggung) yang hidup di darat ternyata juga mengeluarkan air mata lho, girls. Sama seperti kita, mereka juga mengeluarkan air mata sebagai mekanisme untuk melindungi diri ketika ada benda asing yang masuk ke mata.

Namun, ada juga penelitian yang melaporkan kalau beberapa binatang, seperti gajah, bisa menangis karena alasan emosional, seperti sedih dan stres.

Kenapa Kita Menangis Saat Memotong Bawang?

Ternyata, ketika dipotong, bawang melepaskan enzim yang menyebabkan pembentukan suatu senyawa kimia di udara yang bisa mengiritasi mata. Itu alasan kenapa mata kita terasa perih saat memotong bawang.

Namun, seorang peneliti dari Selandia Baru telah berhasil menciptakan bawang yang tidak menyebabkan air mata lho. Wah, kapan ya dijual di Indonesia?

Apa sih Kandungan dalam Air Mata Kita?

Air mata terdiri dari tiga lapisan, yaitu lapisan minyak, air, dan mukus. Lapisan air adalah yang paling tebal dan mengandung elektrolit (seperti natrium dan kalium), protein (paling banyak dalam bentuk enzim), glukosa, dan zat lain.

Banyaknya kandungan lemak pada lapisan minyak terluar berfungsi untuk memperlambat penguapan.

Sedangkan mukus adalah bahan yang membuat air mata kita terasa lengket, tidak seperti air biasa. Tetapi, komposisi spesifik dari air mata dapat berubah dari hari ke hari tergantung pada kesehatan dan kondisi kita.

Tinggalkan Balasan