Hari Kartini : Inilah Beberapa Kegiatan Dalam Rangka Memperingati Hari Kartini di Indonesia

Hari Kartini adalah hari di mana orang-orang memperingati seorang tokoh sentral bagi para kaum wanita Indonesia yang telah memperjuangan emansipasi wanita, sekaligus sebagai pelopor kebangkitan kaum wanita. Wanita yang memiliki nama lengkap Raden Ajeng Kartini dinobatkan sebagai Pahlawan Nasional oleh Presiden pertama Ir. Soekarno yang tertera pada Keputusan Presiden No. 108 Tahun 1964, sekaligus menetapkan hari Kartini yang jatuh pada tanggal 21 April, yang mana tanggal 21 April merupakan tanggal kelahiran R.A. Kartini. Untuk memngenang jasa-jasanya, rakyat Indonesia memperingati tanggal 21 April dengan sebutan Hari Kartini.

Nah, karena telah ditetapkan bahwa pada 21 April diperingati sebagai hari Kartini, seluruh rakyat Indonesia biasanya melakukan kegiatan-kegiatan unik untuk menyambut hari tersebut. Mau tahu kegiatan apa saja yang sering dilakukan oleh rakyat Indonesia dalam menyambut hari Kartini? Yuk simak, Ini dia kegiatan dalam menyambut Hari Kartini.

1. 1.700 siswa TK dan Paud mengikuti lomba menempel gambar Kartini

Untuk menyambut hari Kartini 1.700 siswa TK dan Paud yang berasal dari 5 desa di Kecamatan Pesanggaran melakukan kegiatan lomba kreatif menggunting dan menempelkan gambar Kartini. Kegiatan ini diadakan pada hari selasa tanggal 18 April 2017, pekan lalu. Tujuannya hanya satu, yakni para siswa dilatih untuk menghargai jasa para pahlawan, terutama R.A. Kartini sebagai pahlawan emansipasi wanita

2. Lomba puisi, lomba membaca surat Kartini, dan bazaar

Di Sumatera Selatan sejumlah orang yang tergabung dalam Organisasi Kewanitaan Se-kabupaten OKU, Baturaja yang bekerja sama dengan para guru mengadakan berbagai lomba dalam menyambut Hari Kartini. Lomba tersebut akan meliputi lomba puisi dan lomba membaca surat Kartini, bukan hanya itu mereka juga akan mengadakan bazar besar-besaran.

3. Busana daerah dan lomba rias wajah

Bagi warga Bali mereka punya cara tersendiri untuk menyambut hari Kartini, anak-anak di KB/TK Al Azhar 51 mengadakan lomba rias wajah, bukan hanya itu para anak-anak TK bersama Ibunya berbondong-bondong datang ke lokasi acara dengan memaki baju adat dari bebagai daerah. Para anak juga menampilkan kesenian dan kegiatan seperti bermain angklung, fashion show menggunakan baju tradisional, dan tilawatil Quran.

Tinggalkan Balasan