Kegiatan yang Bisa Dilakukan untuk Peringati Hari Kebangkitan Nasional

20 Mei, Selamat Hari Kebangkitan Nasional Rekan Buana, tapi sebelumnya Rekan Buana tau ga sih apa itu Hari Kebangikitan Nasional (Harkitnas) ? Harkitnas adalah momentum  perjuangan seluruh rakyat 1ndonesia yang ditandai dengan kelahiran organisasi Budi Oetomo pada tahun 1908. Nah, untuk memperingati hari tersebut, mungkin kegiatan berikut ini cukup bisa untuk kita lakukan.

 

Upacara Bendera

Adanya upacara bendera tentu sebagai wujud kecintaan kita terhadap tanah air. Selain itu, hal tersebut juga sebagai penghargaan untuk para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan. Kita sebagai warga yang sudah menikmati kebebasan dari penjajahan, harusnya bisa lebih menghargai kemerdekaan, salah satunya dengan melakukan upacara bendera dengan penuh penghayatan.

Mengadakan Seminar dan Dialog Interaktif

Kegiatan ini dilakukan demi mewujudkan nilai-nilai Kebangkitan Nasional. Di sini para penerus bangsa bisa dibina untuk menegakkan kerja nyata dalam meneruskan perjuangan para pahlawan. Saat ini, jiwa para anak muda memiliki kepedulian yang kurang terhadap nasionalisme. Akibatnya, banyak sekali kelakuan anak muda yang keluar dari batas. Adanya dialog interaktif dan seminar ini diharapkan membuat jiwa muda kembali pada rasa cinta nasional.

Ziarah ke Taman Makam Pahlawan

Tiap kota memiliki Taman Makam Pahlawan. Kamu bisa mengunjungi yang paling dekat dengan lokasi tempat tinggalmu. Mengunjungi makam pahlawan tentu saja bukan dengan niatan minta pesugihan, namun hanya sebagai pengingat, bahwa yang terbaring di alam kubur tersebut adalah leluhur yang memiliki jasa besar bagi negara kita. Tanpa perjuangan mereka, pastilah tak ada kemerdekaan negeri ini. Di sana, Rekan Buana bisa memanjatkan doa untuk para pendahulu yang telah memperjuangkan kemerdekaan Indonesia sebagai bentuk terima kasih.

Bakti Sosial

Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian kita terhadap sesama. Bakti sosial ini juga tak memaksa, disesuaikan dengan keadaan masing-masing. Misalnya saja, kita bentuk organisasi untuk menghimpun dana guna perbaikan sekolah desa. Atau bisa juga dengan mengumpulkan baju-baju bekas layak pakai yang nantinya akan disumbangkan ke panti. Adapun kegiatan kecil tersebut, akan sangat berguna bagi sesama yang membutuhkan. Hal itu termasuk meneruskan perjuangan pahlawan tanpa harus ikut berperang.

 

Empat kegiatan tersebut bisa kita lakukan salah satunya sebagai pengingat jasa para pahlawan, dan tentu saja sebagai bentuk nyata untuk meneruskan perjuangan mereka. Dari empat cara peringatan tersebut gada yang sulit dilakukan bukan?

 

 

Tinggalkan Balasan