Kenalan Yuk Sama 3 Maskot Asian Games 2018!

Tak terasa 3 bulan lagi menuju Asian Games 2018 edisi ke 18 yang aka digelar di Indonesia. Banyak persiapan yang dilakukan mulai dari mempersiapkan venue, infrastruktur dan fasilitas pendukung . Tak terkecuali pada persiapan pendukung seperti Maskot Asian games 2018.

Untuk edisi ke 18 ini, Maskot Asian Games ialah Bhin Bhin, Atung, dan Ika. Maskot yang mengusung tema The Energy of Asia ini merupakan hasil dari sayembara lomba cipta maskot yang dilaksanakan oleh  Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee. Selain itu, hanya di beri waktu 3 minggu untuk mengerjakan maskot ini, wah sulit yah rekan buana.

1. Bhin Bhin

asiangames2018.id

Bhin-Bhin adalah maskot yang mewakili wilayah timur Indonesia yang berupa burung Cendrawasih. Dalam desain yang ditampilkan Maskot Bhin Bhin ini mengenakan rompi dengan corak atau motif Asmat sebagai ciri yang diambil dari masarakat Papua, aduh lucu banget yah rekan buana. Maskot Bhin Bhin ini memiliki makna yaitu agar seluruh peserta dapat bersaing dengan strategi baik dan terukur agar dapat memberikan prestasi yang tinggi.

 

2. Atung

asiangames2018.id

beda lagi nih rekan buana dengan karakter atung yang diambil dari bentuk seekor rusa bawean yang bisa ditemukan di wilayah pulau Bawean, Gresik, Jawa Timur. Atung ini terlihat menarik dan lucu banget rekan buana, karena atung memakai kain sarung dengan motif tumpal ciri khas masyarakat Jakarta.

Karena Atung diambil dari seekor rusa, maskot ini merepresentasikan kecepatan. Maskot ini juga member pesan kepada dunia tentang statusnya rusa sebagai “critically endangered” atau satwa yang harus dilindungi dari kepunahan. International Union for Conservation of Nature and Natural Resources (IUCN) memperkirakan populasinya rusa bawean di alam bebas sekitar 300-400 ekor saja.

 

3. Kaka

asiangames2018.id

Maskot yang terakhir bernama Kaka, yang mengambil bentuk hewan langka dan dilindungi yakni badak bercula satu. Bentuk Kaka ini terlihat lucu dan menarik karena mengenakan pakaian tradisional khas palembang dengan motif bunga. Duh gemes ya rekan buana.

Dengan badannya yang besar dan kuat ini menjadikan kaka sebagai simbol dari kekuatan. Kaka sebagai representasi badak bercula satu merupakan satu dari lima spesies badak yang masih tersisa di dunia. Tahun 2015 Balai Taman Nasional Ujung Kulon merilis laporan bahwa jumlah badak cula satu yang hidup di kawasan hutan lindung itu tinggal 63 ekor, terdiri dari 35 ekor jantan dan 28 betina, jadi tak heran bila IUCN memberikan label satwa ini dalam status sangat terancam.

 

Tentunya maskot-maskot ini harus di promosikan ke seluruh masyarakat Indonesia, salah satunya dengan menghadirkan patung-patung Maskot Asian Games 2018 di Komplek Istana Kepresidenan Jakarta. Semakin lucu aja ya rekan buana kalau udah di buat menjadi patung begini

 

Sumber : liputan6 , CNN Indonesia

Tinggalkan Balasan