Liburan Hemat? Ini Dia Tips Nya!

Wah kalau dengar kata liburan kayanya asik banget ya rekan buana, tapi lebih asik lagi kalau kamu bisa liburan dengan cara yang hemat, apalagi bagi seorang mahasiswa… udah pasti suka banget sama hal-hal yang terjangkau harganya 😀

Langsung aja simak yuk tips agar keuangan kamu tidak jebol saat liburan. Kuncinya lagi-lagi soal perencanaan keuangan nih rekan buana!

Berikut 6 tips agar liburan kamu bisa lebih hemat seperti dikutip dari Etnownews.com, Rabu (10/7/2019):

  1. Manfaatkan promo penerbangan

Perencanaan biaya perjalanan adalah tugas yang paling penting. Untuk merencanakan dengan bijak, kamu dapat mulai mengurangi biaya yang dapat dihindari untuk bisa berhemat. Banyak hal yang tersedia dan dapat membantu kamu untuk mendapatkan penawaran bagus tanpa membuat lubang di dompet kamu. Mulailah dengan mengamati penawaran penerbangan termasuk promo-promo yang diberikan oleh maskapai. Dengan memanfatkan promo, kamu dapat menghemat banyak uang pada tiket penerbangan.

  1. Riset hotel / penginapan

Hal penting lainnya adalah mulai melakukan riset tentang pemesanan hotel/penginapan lainnya. Seperti yang rekan buana ketahui, transportasi dan pemesanan penginapan merupakan bagian besar dari anggaran perjalanan kamu. Untuk mendapatkan penawaran terbaik, kamu bisa mulai dengan riset penginapan yang harganya cocok dengan kantong kamu, jadi jangan malas untuk cari tau sebanyak-banyaknya referensi penginapan yang terbaik dengan harga yang pas!

3. Siapkan jauh-jauh hari

Rencana liburan baiknya disusun sejak jauh-jauh hari ya rekan buana. Hal ini penting agar kamu dapat membayar biaya liburan lebih awal tanpa membebani kredit, kartu debit, atau tabungan kamu.  Hal itu diyakini akan menyelamatkan kamu dari menumpuknya utang atau biaya liburan yang lebih mahal pada pemesanan menit terakhir.

  1. Siapkan daftar pengeluaran

Siapkan daftar pengeluaran sementara dan kemudian mulai menabung. Susun estimasi pengeluaran ke mana kamu akan berlibur. Ini juga sangat penting biar pengeluaran kamu tetap stabil saat liburan nanti

  1. Buat dana khusus

Membuat dana liburan khusus bisa dilakukan agar biaya liburan lebih hemat. Dana bisa berasal dari dana ekstra yang kamu dapatkan, misalnya dari bonus tabungan atau sisa tunjangan lainnya. Ini akan membiayai liburan kamu tanpa membiarkan kamu menghabiskan tabungan rutin.

  1. Pinjaman

Kamu dapat memilih untuk mengambil pinjaman khusus untuk liburan. Tetapi sebelum mengambil pinjaman, pastikan kamu memiliki kemampuan untuk membayarnya kembali tanpa gagal bayar. Lebih baik untuk memeriksa berbagai tawaran pinjaman perjalanan dari bank atau fintech, jangan lupa menilai kemampuan pembayarannya.

Selamat mencoba dan selamat liburan rekan buana!

 

Source: kompas.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *