Mau Kuliah di Luar Negeri dengan Biaya Lebih Murah dari Jakarta?

Siapa sih yang gamau kuliah di luar negri? Rekan Buana pasti pengen doong. Tapi kadang kuliah di luar negri hanya bisa jadi mimpi, hanya karena biaya kuliah di negri orang itu mahal, wetsss jangan khawatir buat Rekan Buana yang ingin kuliah di luar negri tapi tapi terkendala biaya, harus wajib tau dulu kalau ada negara yang biaya kuliahnya lebih murah dari Jakarta loh. Berikut ini adalah 5 kota di luar negeri dengan biaya yang murah :

  1. Berlin

Siapa sangka jika kota Berlin menjadi salah satu kota yang memiliki biaya kuliah yang cukup terjangkau. Diperkirakan rata-rata biaya kuliah mahasiswa internasional di Jerman adalah US$ 635 per tahunnya atau sekitar Rp 8,5 juta. Akan tetapi, perlu dipertimbangkan juga untuk biaya hidup di sana mencapai US$ 5.650 per tahun (sekitar Rp 76 juta).

  1. Taipei

Negara Taiwan adalah salah satu yang memiliki biaya kuliah yang sangat terjangkau dan membuat pundi-pundi uang kita cukup aman. Lebih dari 10 tahun negara ini menginginkan mahasiswa internasional supaya berkuliah di negara tersebut.Bahkan, beberapa universitas di Taiwan tidak memungut biaya sepeser pun untuk mahasiswanya. Salah satu universitas terbaiknya adalah National Taiwan University (NTU) dengan biaya US$ 1.600-2.000 (Rp 23 juta-Rp 28 juta).

  1. Milan

Perguruan tinggi negeri di Milan terbilang cukup murah karena biaya per tahunnya hanya berkisar antara US$ 920-1.080 (Rp 13 juta-Rp 15 juta). Biaya hidup di sini juga terbilang tidak tinggi.

  1. Munich

Selain Berlin, kota lainnya di Jerman yang dikenal punya biaya kuliah murah adalah Munich. Universitas dengan peringkat tertinggi di kota ini adalah Technische Universitat Munchen dan Ludwig-Maximimilians-Universitat.

Sama halnya dengan perguruan tinggi di Jerman, biaya kuliah di sini juga sangat rendah untuk mahasiswa domestik dan internasional. Pertahunnya kamu cukup membayar US$ 600 atau setara Rp 7 jutaan saja.

  1. Paris

Siapa sangka kalau di Prancis bisa mendapatkan biaya kuliah yang cukup murah bahkan bisa mendapatkannya secara cuma-cuma? Bahkan mahasiswa luar negeri yang bersekolah di Prancis bisa hanya mengeluarkan US$ 250 atau sekitar Rp 3,4 juta per tahunnya.

Kota Paris bisa menjadi yang paling diincar di sini. Namun perlu diingat harus berhati-hati dengan gaya hidup di kota yang satu ini, karena kalau kita tidak hati-hati, bisa-bisa uang kita akan habis dalam sekejap karena biaya hidup yang tergolong mahal.

Tinggalkan Balasan