Memperingati Kenaikan Isa Almasih

Hari ini tanggal 25 Mei 2017 ditetapkan sebagai hari libur nasional kenapa?, Hari ini adalah hari raya bagi umat Kristen di seluruh dunia merupakan peristiwa 40 hari setelah Yesus Kristus bangkit. Disaksikan oleh para murid-Nya Yesus naik ke atas langit dan hilang tak terlihat. Setelah muncul peristiwa tersebut mereka meyakini bahwa ada kehidupan selanjutnya setelah kematian.

Masih tak percaya dengan peristiwa tersebut murid Yesus dikejutkan dengan kemunculan Yesus untuk memberikan bukti-bukti diri-Nya. Yuk simak kisahnya?

Peristiwa Kenaikan Yesus Kristus

Injil Markus, Injil Lukas dan Kitab Kisah Para Rasul mencatat peristiwa ini. Injil Matius dan Injil Yohanes tidak menyebutkan secara jelas.

Markus mencatat bahwa sesudah Tuhan Yesus menyampaikan pesan-pesan terakhir kepada murid-murid-Nya, terangkatlah Ia ke sorga, lalu duduk di sebelah kanan Allah (Markus 16:19).

Lukas mencatat: Yesus membawa mereka ke luar kota Yerusalem sampai dekat Betania. Di situ Ia mengangkat tangan-Nya dan memberkati mereka. Dan ketika Ia sedang memberkati mereka, Ia berpisah dari mereka dan terangkat ke sorga. Mereka sujud menyembah kepada-Nya, lalu mereka pulang ke Yerusalem dengan sangat bersukacita (Lukas 24:50-52).

Kisah Para Rasul mencatat: Sesudah Yesus mengatakan kata-kata terakhirnya, terangkatlah Ia disaksikan oleh mereka, dan awan menutup-Nya dari pandangan mereka. Ketika mereka sedang menatap ke langit waktu Ia naik itu, tiba-tiba berdirilah dua orang yang berpakaian putih dekat mereka, dan berkata kepada mereka: “Hai orang-orang Galilea, mengapakah kamu berdiri melihat ke langit? Yesus ini, yang terangkat ke sorga meninggalkan kamu, akan datang kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke sorga.

Dimana Lokasi Kenaikan Yesus?

Di luar kota Yerusalem, dekat Betania, di bukit yang disebut Bukit Zaitun, yang hanya “seperjalanan Sabat” jauhnya dari Yerusalem. “Seperjalanan Sabat” itu berjarak kira-kira 2000 langkah atau sekitar 1,5 km (1 mil).

Jelas kenaikan ini bukan di dalam kota Betania, yang jauhnya dua kali seperjalanan Sabat dari Yerusalem. Kota ini terletak di sebelah timur Bukit Zaitun, kira-kira 3 kilometer (2 mil) di timur Yerusalem. Bukit Zaitun (bahasa Inggris: Mount Olivet atau Mount Olive) terdiri dari 3 puncak yang memanjang sekitar 2 kilometer (1,5 mil).

Gereja “Church of the Holy Ascension” pernah didirikan di sana, sebelum direbut oleh Saladin tahun 1187 dan diubah menjadi mesjid sampai sekarang. Tidak ada kepastian bahwa ini adalah tempat kenaikan Yesus.

Hari Raya Kenaikan Yesus Kristus

Hari raya Kenaikan Yesus Kristus atau Kenaikan Isa Almasih (Mikraj Isa Almasih) adalah nama hari raya umat Kristen untuk memperingati kenaikan Yesus ke sorga. Perayaan berpindah ini selalu jatuh pada hari Kamis, 40 hari setelah hari raya Paskah, 10 hari sebelum hari raya Pentakosta.

Dalam dogma Kristen, ini adalah penggenapan janji keselamatan dan kebenaran Allah Bapa Tuhan atas kehadiran, karya keselamatan, kematian, dan kebangkitan Yesus Kristus. Sebagai bentuk perayaan umat Kristen melakukan Ibadah Agung sebagai bentuk rasa syukur mereka.

Nah, itulah peristiwa kenaikan Yesus Kristus ke Sorga Rekan Buana. Selamat Hari raya bagi kamu yang merayakannya semoga selalu mendapat keberkatan.

Tinggalkan Balasan