Siapa Sangka Ternyata Sofa Bisa Picu Risiko Kanker?

Haloo Rekan Buana Risiko kanker bukan hanya dipicu dari gaya hidup tak sehat. Sebuah studi baru ungkap material sofa bisa meningkatkan risiko kanker tiroid, Waduhh bahaya juga ya Rekan Buana.

Seperti diberitakan Daily Mail, para ilmuwan dari Duke University menemukan paparan tinggi PBDEs, bahan kimia tahan api yang ditemukan dalam sofa dan kasur, menyebabkan ribuan kasus kanker dan penyakit lainnya.

“Setelah menganalisis debu rumah tangga dan mengambil sampel darah dari penderita kanker tiroid, kami menemukan banyak pasien terpapar bahan kimia pada sofa yang disebut bifenil difenil eter (PBDE),” tulis peneliti dari Amerika tersebut.

Bahan kimia ini sebenarnya telah dilarang pada 2004. Namun bagi beberapa orang yang memiliki furniture sebelum tahun tersebut diduga masih berisiko tinggi terkena kanker.

Bahan kimia lain yang cukup berbahaya lainnya adalah TCEP ((tris(2-carboxyethyl)phosphine). Kedua bahan kimia tersebut dikaitkan dengan kanker karena mengganggu hormon. Sedangkan DecaBDE tidak dilarang namun bisa digunakan terbatas.

Pakar lingkungan, Dr Heather Stapleton mengatakan, bahan kimia yang biasa ditemukan pada material sofa, kasur dan karpet tersebut bukan hanya terkait dengan risiko kanker, tapi juga masalah belajar pada anak, jumlah sperma rendah dan kesulitan hamil. So, kita harus lebih perhatiin lagi lingkungan yang ada disekitar kita, termasuk di dalam rumah. Karena mencegah lebih baikkan daripada mengobati, keep healthy Rekan Buana.

Tinggalkan Balasan