Simak Perbedaan Teh Hijau dan Teh Hitam Yuk!

 

Hayo rekan buana siapa disini yang paginya nggak afdol kalau belum minum teh?? ūüėÄ atau ada yang rutin minum teh hijau untuk kesehatan? Hmm bagi pecinta teh pasti udah tau yaa kalau varian teh yang paling terkenal itu adalah teh hijau dan teh hitam, so nggak heran kalau banyak yang suka membandingkan keduanya mulai dari segi rasa hingga khasiatnya untuk kesehatan.. tapi apasih kira-kira perbedaan sebenarnya dari teh hijau dan teh hitam??

Nah daripada bingung, yuk simak perbedaannya berikut ini!

  1. Meski sama-sama terbuat dari daun tanaman Camellia sinensis, proses pembuatan teh hijau dan teh hitam ternyata berbeda

Teh hitam diproses dengan cara memanggang daun teh kemudian menjemurnya. Setelah itu barulah daun teh difermentasi agar warnanya berubah menjadi lebih gelap. Nah, teh hijau nggak melalui proses fermentasi ini. Makanya, warnanya lebih segar dan baunya lebih beraroma rekan buana.

  1. Proses pembuatan yang berbeda, membuat kandungan kedua teh ini juga beda

Proses fermentasi membuat kandungan antioksidan pada teh hitam berkurang. Meski begitu, proses ini justru menambah zat theaflavins dan thearubiger yang bermanfaat untuk menjaga antibodi pada sistem pencernaan.

Pada teh hijau, kamu akan memperoleh sumber antioksidan polifenol yang cukup kuat, khususnya epigallocatechin-3-gallate (EGCG). Zat ini akan membuat seseorang terlindung dari sel kanker.

  1. Hal ini pun lantas membuat keduanya memiliki kandungan kafein yang berbeda pula

Kadar fluoride yang lebih kuat pada teh hitam bisa memperkuat gigi dan tulang. Sayangnya, kandungan kafeinnya lebih tinggi daripada teh hijau, yakni sekitar 42 hingga 72 mg kafein per cangkir. Sedangkan pada teh hijau, kadar kafeinnya hanya sekitar 9 sampai 50 mg per cangkir.

  1. Berdasarkan kandungan dan manfaatnya, ada waktu terbaik untuk menikmati kedua jenis teh ini

Minum teh saat pagi hari dipercaya mampu menambah semangat beraktivitas. Tapi, jika kamu butuh ketenangan, mending minum teh hijau di sore hari atau menjelang tidur. Teh hijau yang diminum sebelum tidur juga bisa membantu tubuh membersihkan racun loh rekan buana!

  1. Biar rasa teh makin nikmat, ikuti anjuran penyeduhan berikut, ya!

Untuk mendapatkan rasa yang sempurna, teh hitam bisa kamu seduh dengan air hangat yang bersuhu 80 derajat celcius. Biarkan selama tiga menit sebelum kamu saring dan minum, ya!

Nah, kalau teh hijau, kamu perlu menyeduhnya dengan air yang benar-benar mendidih. Kemudian diamkan selama empat menit, saring, lalu tuang pada gelas saji. Kamu juga bisa menambahkan lemon, gula, susu, atau krim pada teh hitam lo!

Jadi rekan buana, untuk memilih mana yang terbaik, mending sesuaikan lagi kandungan di dalamnya dengan kondisi kesehatan masing-masing. Misalnya, teh hitam nggak cocok untuk penderita penyakit jantung karena kandungan kafeinnya lebih tinggi. Sedang, jika kamu punya asam lambung, teh hijau merupakan pilihan yang lebih tepat^^

 

Source: hipwee

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *