Yoghurt : Bebas Gula atau Tinggi Gula?


Rekan Buana, selama ini yoghurt dikenal baik untuk pencernaan dan dianggap bebas gula. Namun, ternyata hal itu ngga sepenuhnya benar lho! Sebuah penelitian menunjukkan bahwa yoghurt organik bahkan mengandung gula yang tinggi.

Studi yang dilakukan oleh University of Leeds, Inggris, ini menganalisis lebih dari 900 label yogurt yang beredar di supermarket Inggris. Hasilnya, peneliti menemukan hanya 9 persen yoghurt saja yang dapat dikategorikan rendah gula. Selain itu, sebanyak 2 persen yogurt anak-anak juga masuk dalam kategori tersebut. Kategori rendah gula berarti memiliki kurang dari 5 gram (gr) per 100 gr yoghurt.

Menurut Profesor Bernadette Moore, Walupun yoghurt tidak separah minuman ringan atau jus buah yang menjadi sumber utama gula pada anak dan orang dewasa, yoghurt pun bukan 100% makanan sehat dan bebas gula. Peneliti juga mengingatkan konsumen untuk tidak beranggapan bahwa yoghurt organik justru lebih baik. Yoghurt organik mengandung rata-rata 13,1 gram gula per 100 gram, setara dengan tiga gula batu. Sedangkan, yoghurt anak-anak rata-rata mengandung 10,8 gram.

“Orang-orang beranggapan produk organik lebih baik. Jika Anda bertanya kepada konsumen, tanggapan mereka adalah itu lebih sehat,” ucap Moore.

Penelitian itu justru menemukan bahwa yoghurt Yunani dan yoghurt alami merupakan varietas dengan kandungan gula paling rendah, yakni rata-rata 5 gram per 100 gram. Hasil ini membuat yogurt disebut sebagai makanan penutup yang mengandung gula terbanyak dengan rata-rata 16,4 gram per 100 gram. “Banyak orang tidak menyadari seberapa banyak gula yang ditambahkan atau terdapat dalam yogurt. Jika Anda memperhatikan berat badan, gula adalah gula, bagaimanapun bentuknya,” kata Moore.

Moore menyarankan para orang tua untuk lebih menyadari dan memahami kandungan gula dalam yogurt yang dapat berdampak pada kesehatan. Orang dewasa disarankan mengonsumsi tidak lebih dari 30 gr gula dari makanan setiap harinya. Sedangkan anak usia di bawah 4 tahun tidak disarankan mengonsumsi gula.

Wah rekan buana, bedasarkan penelitian diatas, ternyata yoghurt itu ngga bebas gula. Dan sebaiknya, kita mengkonsumsi yoghurt ngga terlalu banyak, nanti bukannya sehat malah diabetes deh!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *