10 Pantai Terindah di Indonesia yang wajib di kunjungi (Extra 2!)

Siapa yang tak tahu kalau Indonesia adalah negara maritime terbesar di dunia? Yap, julukan itu memang tepat untuk Indonesia dikarenakan 2/3 dari wilayah Indonesia merupakan wilayah lautan makanya menjadi negara maritim terbesar di dunia. Keren banget kan Negeri kita tercinta, Indonesia ini. *Yeay*.

Ngomongin laut tentu saja pasti teringat Pantai, tempat yang terkenal dengan view sunset, untuk menikmati suara alam (desiran ombak) atau hanya ingin rekreasi bareng keluarga, sahabat ataupun pacar.  Karena Indonesia merupakan negara maritim tentu saja banyak pantai-pantai di Indonesia, namun inilah 10 pantai terindah di Indonesia yang wajib untuk Rekan Buana datangi :

  1. Pantai Pink, Pulau Komodo

Pantai-Pink-Pulau-Komodo

     Hal yang biasa kalau pasir pantai itu putih, tapi beda halnya dengan Pantai Pink, di Pulau Komodo, sesuai namanya pasir di pantai ini berwarna merah muda atau pink. Konon katanya warna pink ini berasal dari serpihan karang dan biota lain yang terbawa arus ke daratan dan bercampur dengan pasir pantai.

Rekan Buana bisa berpetualang di pantai ini sambil snorkeling atau diving sambil menikmati keindahan bawah lautnya. Untuk pengalaman tak terduga, Rekan Buana bisa coba jelajahi daratan untuk bertemu dengan penghuni terkenal pulau ini siapa lagi kalau bukan si Komodo. Kadal terbesar di dunia ini juga cukup berbahaya loh, so buat Rekan Buana yang sudah siap ke Pantai Pink, Pulau Komodo ini hati-hati ya.

  1. Tomini Bay, Sulawesi

Tomini-Bay-Sulawesi

     Pantai yang terletak di Sulawesi Utara ini menjadi tempat yang tepat untuk menikmati waktu bersantai dengan cara berjemur karena lokasinya yang tidak jauh dari garis ekuator atau khatulistiwa.

Pada pagi hari, Rekan Buana bisa menikmati Sunrise (Matahari Terbit) kemudian menyapa para nelayan yang pulang dari berlayar. Rekan Buana juga bisa melakukan diving untuk melihat keragaman biota laut yang masih alami loh. Dan yang tidak boleh ketinggalan, Fresh Seafood yang bisa Rekan Buana nikmati langsung di restoran yang ada di sekitar Pantai Tomini Bay ini.

  1. Pantai Nihiwatu, Sumba

Pantai-Nihiwatu-Sumba

     Nah pantai yang satu ini nih termasuk dalam urutan ke-17 dalam daftar CNN World’s 100 Best Beaches in The World. Pantai ini memiliki pasir yang putih, air laut yang sangat jernih dan yang paling menarik perhatian wisatawan yang datang adalah pemandangan Sunset/Matahari terbenamnya yang super cantik.

Di sini terdapat Nihiwatu Resort yang mengesankan. Beberapa kegiatan yang dapat Rekan Buana lakukan disini, yaitu Diving, Snorkeling, menikmati Sunset atau bergabung bersama penduduk local untuk menangkap gurita dan kepiting. Untuk mecapai ke Pantai Nihiwatu dapat dicapai dengan pesawat terbang selama sekitar 1 jam dari Bali, atau 90 menit dengan berkendara.

  1. Pantai Pandawa, Bali

Pantai-Pandawa-Bali

     Pantai Pandawa yang tersembunyi di balik tebing-tebing tinggi dan semak-semak ini termasuk salah satu pantai terpencil di Bali dan memiliki julukan The Secret Beach. Terletak di Desa Kutuh, sebelah selatan Bali. Sesuai julukannya akses untuk menuju pantai ini relatif sulit.

Pantai Pandawa memiliki pasir seputih salju dan air laut yang jernih. Disana Rekan Buana akan dimanjakan oleh olahraga air seperti Kano dan Paralayang. Rekan Buana bisa juga berenang di air laut yang jernih. Kalau Rekan Buana datang kesana pada bulan Maret, Rekan Buana bisa menikmati parade budaya yang diadakan oleh Penganut Hindu-Buddha.

  1. Pantai Derawan, Kalimantan Timur

Pantai-Derawan-Kalimantan-Timur

     Kalau tadi Pantai Nihiwatu ada di posisi ke-17, Pantai Derawan ada dalam urutan ke-64 dalam daftar CNN World’s 100 Best Beaches in The World. Pantar Derawan memiliki akomodasi yang sangat baik, itulah mengapa tempat ini menjadi salah satu pantai favorit di Indonesia dan dunia.

Rekan Buana bisa berenang bersama gerombolan Penyu di perairannya yang jernih. Selain itu ada juga manta atau ikan pari yang bisa dijumpai disana.

  1. Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air, Lombok

Gili-Trawangan

     Pulau-pulau di Lombok atau yang lebih dikenal dengan sebutan “Gili” memiliki ciri khas pantar berpasir putih, koral karang tropis yang indah dan air laut biru yang jernih.

Gili Trawangan salah satunya, menawarkan spot-spot diving yang spektakuler. Pulau ini banyak dikunjungi oleh wisatawan luar negeri karena spot diving dan snorkelingnya yang indah. Salah satu sport snorkeling yang terkenal adalah Turtle Point di Gili Meno, spot terbaik untuk melihat Penyu.

  1. Pantai Ora, Maluku Tengah

Pantai-Ora-Maluku-Tengah

     Bisa dibilang kalau Pantai Ora adalah surge yang tersembunyi di Maluku Tengah. Kenapa dibilang begitu? Karena keindahan pantai Ora serupa dengan Pantai Boracay di Filipina atau Pantai Bora-Bora di Samudera Pasifik. Di Pantai ini terdapat Ora Beach Resort yang menyediakan 6 Cottage.

Pesona yang ditawarkan pantai ini adalah air laut yang super jernih, dimana Rekan Buana bisa menikmati langsung keindahan karang dan dunia bawah laut dari perahu. Saat malam, Rekan Buana bisa menikmati kerlap-kerlip bintang yang indah di Dermaga atau sembari duduk di beranda Cottage.

  1. Pantai Sawarna, Banten

Pantai-Sawarna

     Pantai Sawarna menyuguhkan keindahan pemandangan deretan pohon kelapa dan air lauh Samudera Hindia yang jernih. Pantai Sawarna terletak di Desa Wisata Sawarna, Banten.

Pantai Sawarna memiliki pasir putih yang kontras dengan langit dan laut yang biru. Ombak di pantai ini sangat cocok digunakan sebagai lokasi surfing. Ombak di Pantai Sawarna sudah didatangi oleh peselancar dari Amerika, Australia, Jepang dan Korea.

  1. Pulau Belitung, Kepulauan Bangka Belitung

Pulau-Belitung-Kepulauan-Bangka-Belitung

     Keindahan Pulau Belitung mulai terekspos sejak adanya film Laskar Pelangi. Meskipun pulau ini terkenal dengan lada putih dan pertambangan mineral jenis C seperti timah putih, pasir kuarsa, tanah liat putih (Kaolin), dan batu-batu granit, tetapi pulai ini memiliki keindahan pantai yang super indah. Pantai di Pulau Belitung berciri khas memiliki batu granit yang besar, pasir lembut seputih salju dan air laut biru yang jernih.

  1. Tanjung Bira, Sulawesi Selatan

Tanjung-Bira-Sulawesi-Selatan

     Tanjung Bira adalah sebuah pantai alami yang terletak di Sulawesi Selatan. Pantai ini terkenal sebagai pantai berpasir seputih ‘tepung’. Rekan Buana bisa mencapai pantai ini dengan melakukan perjalanan dari Makassar selama sekitar 5 Jam melewati Tanah Beru dan Dermaga Phinisi.

Extra Special Beaches :

  1. Raja Ampat, Papua

Raja Ampat Raja Ampat 2

     Kalau berbicara tentang pantai terindah di Indonesia, ada yang kurang rasanya kalau belum nyebutin pantai paling hits di Papua Barat dengan keindahan tak ternilai, yap pantai Raja Ampat. Selain memiliki panorama yang sangat indah dan eksotis, pantai kebanggaan bangsa Indonesia ini juga menyimpan kekayaan biota laut terbesar di dunia. Selain menikmati pemandangan tepi pantai, Rekan Buana pun bisa menyelam untuk menyaksikan keindahan bawah lautnya, seperti beragam jenis ikan, penyu, maupun terumbu karang yang indah.

  1. Pantai Plengkung, Banyuwangi

plenkung-banyuwangi

     Di pulau Jawa, Banyuwangi, Jawa Timur juga memiliki keindahan pantai yang memukau, yaitu pantai Plengkung. Diambil dari Bahasa Jawa, Plengkung memiliki arti melengkung, sesuai dengan bentuk pantai ini yang melengkung. Keindahan dari pantai ini juga dapat dilihat dari kualitas ombaknya. Selain indah, ombak pantai Plengkung ini sangat fantastis dan liar, sehingga mengundang rasa penasaran wisatawan mancanegara yang memiliki hobi berselancar. Pemandangan tepi pantainya pun tidak kalah menarik, membuat wisatawan betah berlama-lama di tempat ini.

 

Nah, diantara pantai-pantai ini, Rekan Buana ada rencana kemana selanjutnya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *