Hari Raya Idul Adha, hari nya kurban

Rekan Buana pasti tau dong yah hari ini itu hari apaa ?? yap betul banget Hari raya Idul Adha atau bisa juga disebut hari kurban, pasti rekan buana tau kan yaa kenapa alasannya disebut sebagai hari kurban??

Bagi yang belum tau, nihh dikasih tau ajaya ..
Hari Raya Idul Adha atau bisa juga disebut sebagai hari kurban karena identik dengan penyembelihan hewan kurban yang dirayakan umat Islam setiap tanggal 10 bulan Dzulhijjah. Dalam kalender masehi, perayaan Idul Adha tahun ini diperingati pada hari Senin tanggal 12 September 2016. WAWWW …

Oh ya btw Di Indonesia, Idul Adha biasanya diperingati dengan Sholat Id. Meskipun beberapa kelompok kadang memiliki perbedaan hari dalam menentukan tanggal hari raya, tapi nih enggak ada perbedaan dari tata cara shalatnya. Biasanya, Sholat Id dilakukan di Masjid. Tetapi, banyak juga yang melakukannya Mushola, lapangan, bahkan alun-alun. Kalau jumlah jamaah banyak, biasanya Shalat Id dilakukan di lapangan atau alun-alun. Meski kebanyakan masyarakat Indonesia yang khususnya Muslim ataupun yang merayakannya mengikuti pemerintah dalam penetapan hari raya ini, banyak juga yang memperingatinya lebih awal ataupun lebih akhir.

Dan tau enggak si kalian nih ya rekan buana biasanya masyarakat Indonesia setelah melaksanakan sholat Id, lalu dilanjutkan dengan penyembelihan hewan kurban. Meskipun ada juga yang menyembelih hewan kurban pada hari berikutnya. Di beberapa daerah, warga mengumpulkan hewan kurbannya di masjid tempat mereka melaksanakan sholat Idul adha. Tapi enggak sedikit juga loh yang milih menyembelihnya dirumah masing-masing.

Biasanya ada beberapa tradisi unik di Indonesia dalam peringatan hari raya ini. Seperti habis dibagikan langsung dijadikan makanan super laziz yaitu Sate, Rendang, Semur ataupun olahan daging lainnya. Wahh kebayang kan betapa nikmatnya olahan daging itu …

So, buat kalian Rekan Buana yang merayakannya hari ini Selamat Hari Raya Idul Adha yapp  ?

Tinggalkan Balasan