Permainan Populer Dari Nenek Moyang Sampai Sekarang

Permainan Tradiosional yang mempunyai ciri khas seru, menyenangkan, dan murah gak selalu kalah sama jaman kok Rekan Buana, memang sudah mulai jarang dimainkan tapi masih banyak juga yang memainkannya walaupun musiman.

Kayang 5 permainan tradisional ini, yang masih eksis sampai sekarang

  1. Petak Umpet

    sumber: www.kaskus.co.id
    sumber: www.kaskus.co.id


    Petak umpet adalah permainan hide and seek yang dimainkan dua orang atau lebih. Semakin banyak yang memainkan, makan akan semakin seru permainan ini. Petak umpet diawali dengan menentukan siapa yang jaga(kucing). Biasanya penentuan kucing ditentukan dengan hompimpah, ciripit, atau cara lain sesuai daerah masing-masing. Kucing akan bertugas mencari dan menemukan teman-teman yang bersembunyi.

    Seru banget kalo Rekan Buana Main Ramean, Nah makanya cepet nyari temen yang banyak buat main petak umpet biar seru, sekalian nostalgia deh.

  2. Layang-layang

    sumber: elevenia.co.id
    sumber: elevenia.co.id


    Layang-layang masih banyak dimainkan anak-anak hingga sekarang. Permainan layang-layang banyak dimainkan anak-anak ketika musim kemarau datang. Akan semakin seru apabila banyak jenis layang-layang yang diterbangkan dan semakin tinggi layang-layang yang kamu punya terbang.

  3. Balap Karungsumber: uun-halimah.blogspot.co.id


    Balap karung merupakan salah satu permainan tradisional yang paling lama dan mudah untuk dimainkan. Peralan yang dibutuhkan hanyalah karung beras/gandung. Cara bermain balap karung sangat mudah. Anak-anak yang akan bermain masuk kedalam karung yang telah disiapkan kemudian berbaris pada garis start. Ketika aba-aba dimulai dibunyikan anak-anak berlompatan sambil memegang karung dilintasan yang disiapkan menuju garis finis. Anak yang paling cepat sampai ke garis finis, dialah yang menjadi pemenang.

    Bikin capek sih, tapi seru abis kan Rekan Buana. Permainan ini biasanya menjadi permainan paling ditunggu-tunggu saat peringatan 17 Agustus.

  4.  Engklek

    sumber: www.informasipendidikan.com
    sumber: www.informasipendidikan.com


    Engklek adalah permainan tradisional ketangkasan lompat. Pertama kali, siapkan gambar kotak-kotak diatas tanah/semen/ lantai. Selanjutnya permainan siap dimainkan. Engklek biasanya dimainkan oleh dua hingga lima orang secara bergantian. Engklek dimulai dengan melempar”gaco”(potongan keramik/genteng/batu/kayu) mulai dari kotak pertama, kemudian kita melompat ke kotak-kotak secara berurutan kemudian kembali dan mengambil gaco kita hingga ke garis awal. Permainan terus berlanjut hingga kita melakukan kesalahan seperti melempar gaco diluar kotak atau engklek menyentuh garis.

  5. Bekel

    sumber: cuilicious.wordpress.com
    sumber: cuilicious.wordpress.com


    Bekel adalah bola membal yang terbuat dari karet. Siapa diantara Rekan Buana yang gak bisa main permainan ini, khususnya perempuan. Permainan ini menjadi salah satu permainan yang paling disuka anak perempuan, karena keseruan dan tingkat kesulitan yang semakin tinggi, membuat permainan ini sangat menyenangkan. Permainan ini dimainkan dengan cara melempar bola bekel dan menangkap/membolak-balikan kuningan.

Nah Rekan Buana Selamat mencoba kembali ya

sumber artikel :http://sistempemerintahan-indonesia.blogspot.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *